Sabtu, 13 November 2010

Wilayah Edar Radar Bojonegoro Dapat Adipura

Empat kabupaten di wilayah edar Radar Bojonegoro mendapat penghargaan Adipura tahun ini. Bojonegoro kembali meraih penghargaan di bidang kebersihan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk kota kecil terbersih. ''Kita sudah menerima surat dari Kementrian Lingkungan Hidup,'' kata Kabag Humas dan Protokol Johny Nur Haryanto.

Dia menuturkan, surat itu bernomor B-4193/SES/LH/06/2010 tertanggal 4 Juni lalu. Menurut Johny, Bupati Suyoto akan hadir menerima penghargan tersebut. ''Penghargan akan diserahkan di Istana Negara Selasa (hari ini, Red) pagi oleh presiden langsung pada peringatana Hari Lingkungan Hidup,'' ujarnya.

Johny menjelaskan, selain menerima surat pemberitahuan, pemkab juga menerima surat keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup bernomor 117/2010 tentang penerima penghargaan Adipura tahun 2010. Surat yang juga tertanggal 4 Juni lalu itu ditandatangani Menteri Negara Lingkungan Hidup DR Ir Gusti Muhammad Hatta MS. ''Bojonegoro termasuk 86 kota di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut,'' tuturnya.
Sementara Lamongan tahun ini meraih penghargaan Piala Adipura keempat kalinya. Kalau tahun depan meraih lagi piala tersebut, Lamongan berhak menerima Piala Adipura Kencana (meraih piala Adipura lima kali berturut-turut).

''Sesuai surat kementerian lingkungan hidup, piala Adipura tersebut akan diterima Pak Bupati (Masfuk) besok (hari ini, Red) dari bapak presiden di Istana Negara,'' kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lamongan Aris Wibawa.

Menurut dia, dalam surat tersebut Lamongan dinyatakan berhak meraih Piala Adipura untuk kategori kota kecil. ''Selain Kota Lamongan yang meraih Adipura di Jawa Timur ada 26 kota/kabupaten untuk semua kategori. Antara lain, Bojonegoro, Tuban, dan lainnya,'' katanya.

Aris menuturkan, sebagai rasa syukur atas keberhasilan itu, Piala Adipura tersebut akan dikirap keliling Kota Lamongan dimulai dari perbatasan kota di sebelah timur pada Kamis lusa. ''Kalau tahun depan bisa meraih Piala Adipura lagi, Kota Lamongan akan berhak mendapat penghargaan Adipura Kencana,'' tuturnya.

Sementara itu, Bupati Blora Yudhi Sancoyo menyatakan akan menerima sendiri Piala Adipura tahun ini. Piala lambang supremasi sebagai kota terbersih tersebut merupakan kali kedua diterima Blora setelah pada 1992. ''Saya yang akan menerima langsung penghargaannya Mas,'' ujar Yudhi Sancoyo melalui telepon.

Dia mengaku kemarin dalam perjalanan ke Jakarta untuk menghadiri undangan tersebut. Dia mengatakan, piala adipura itu merupakan kemenangan warga Blora atas usahanya selama ini. Yudhi mempersembahkan piala Adipura itu kepada rakyat Blora. Dia juga mengaku berterima kasih para seluruh rakyat Blora yang telah bersusah payah mendukung langkah pemerintah untuk menciptakan kota yang bersih, indah, dan rapi, sehingga piala Adipura bisa diraih.

Kabupaten Tuban juga kembali mendapat Adipura tahun ini. Rencananya, hari ini (8/6) Bupati Haeny Relawati RW menerima piala itu langsung dari presiden di Istana Negara. ''Tuban mendapat adipura kategori kota  kecil,'' kata Plt Kabag Humas dan Media Joni Martojo.(JP/PTI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUBAN Portal & News | Kota Tuban Dot Com

Infotainment

detikcom