Jumat, 26 November 2010

Ditjen Pajak Ajari Anak-Anak Sadar Pajak Sejak Dini

Jakarta - Bukan hanya orang dewasa yang diedukasi akan pentingnya pajak untuk negara, seperti dalam kampanye Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak), 'Apa Kata Dunia!'. Anak-anak pun diajak bermain sambil belajar apa itu pajak.

Hari ini, Sabtu (30/10/2010), Ditjen pajak bersama KidZania mengadakan coaching clinic bertema Sosialisasi Pajak Untuk Anak-Anak di Pasific Place, SCBD, Jakarta.

Bagi kebanyakan orang, mengisi SPT Tahunan menjadi suatu keharusan, berdiri dalam antrian, seperti mengambil bagasi di Bandara. Tentu dengan pola yang selalu berulang, akan terasa membosankan.

Nah, kali ini Ditjen Pajak menyajikan program pendidikan kepada anak-anak dengan maksud mengubah sikap masyarakat umum tentang tugas pajak dan tanggung jawab warga negara selaku wajib pajak (WP).

Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 ini memberi gambaran informasi seputar pajak, profesi petugas pajak, dan bagaimana cara mengisi NPWP, serta tidak lupa proses aplikasi Surat Pajak Tahunan (SPT).

Di dalam establishment Tax Office, anak-anak dibawa ke suasana bekerja sebagai petugas pajak, berdasarkan pengalaman langsung dari kehidupan nyata (active learning and first-hand role play experience), sejak usia dini.

Waktu untuk 'bermain sambil belajar' ini bagi setiap anak adalah 20 menit, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 8 orang. Menariknya lagi, anak-anak diberi imbalan gaji bermata uang KidZania sebesar 20 KidZos, karena telah bekerja dengan baik.

Anak-anak sebagai pembayar pajak masa mendatang, memang penting untuk dilakukan edukasi pajak. Hal ini bertujuan untuk mendorong sikap positif tentang tanggung jawab setiap warga negara kepada negara.

Kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang berbagai hal yang terkait dengan pajak, serta manfaatnya untuk masyarakat.
Tidak hanya pajak, kita juga bisa memberitahu anak-anak tentang rambu-rambu lalu lintas dan lainnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUBAN Portal & News | Kota Tuban Dot Com

Infotainment

detikcom